Beranda
Upah Minimum
Pilihan Karir
ATS Checker Sertifikasi Profesi Kerja di Luar Negeri Kerja Online Penipuan Lowongan

Karir Fair

Tentang ATS

ATS (Applicant Tracking Software) adalah sebuah program komputer yang dibuat untuk mendapatkan data-data dari resume yang diupload secara otomatis dan membandingkannya dengan persyaratan lowongan kerja yang ada di perusahaan tersebut.

Biasanya ATS ini merupakan bagian dari layanan SaaS (Software as a Service) dari situs website portal lowongan agar perusahaan, dalam ini staff HRD, tidak perlu repot lagi memilah resume mana yang bisa dihubungi, dan resume mana yang sama sekali tidak cocok untuk lowongan yang ada.

Meskipun digadang-gadang menggunakan AI (Artificial Intelligence) atau ML (Machine Learning), terkadang masih ada data-data yang tidak bisa diekstrak dengan benar oleh software yang dibuat, dan tiap ATS yang dibuat pun memiliki kemampuan yang berbeda-beda pula.

ATS Checker Gratis!

Upload resumemu untuk mengetahui apakah resumemu dapat lolos terbaca oleh ATS yang sederhana berikut ini.

  • Resumemu akan langsung dihapus setelah upload
  • ATS ini tidak dijamin sama akurasinya dengan yang dipakai perusahaan
  • Hanya upload file doc, docx, pdf
  • Maksimum 1 Mb
Upload Resume

Cara Kerja ATS

Lalu bagaimana cara ATS ini sebenarnya bekerja? Dengan kemajuan teknologi, program komputer kini dapat mengenali format email, format tanggal, format nomor HP, gambar, dan kata-kata yang tercantum pada sebuah dokumen resume. Tentunya ini adalah berita yang bagus bagi staff HRD yang menerima ratusan hingga ribuan resume.

Akan tetapi, yang menjadi permasalahan sebenarnya adalah terkadang dokumen resume yang dibuat tidak sempurna, bisa jadi karena software yang digunakan tidak standard, atau versi jadul. Atau bahkan ada penulisan kata-kata yang tidak baku, kurang spesifik atau bahkan salah dalam resume, seperti "Exel" (yang benar adalah Excel).

Hal inilah yang membuat banyaknya layanan jasa pembuatan ATS friendly CV / Resume, yang diklaim bisa lolos ATS sehingga bisa mendapatkan kesempatan untuk dipanggil interview. Sebenarnya kamu bisa juga melakukan optimasi resumemu sendiri, dengan cara menganalisa resumemu dan membandingkannya dengan deskripsi / persyaratan lowongan kerja yang kamu coba lamar.

Perkembangan ATS

ATS ini akan semakin berkembang seiiring dengan adanya berbagai macam teknik yang ditemukan untuk mencurangi sotware ATS, seperti "keyword stuffing" atau memasukkan kata kunci tertentu secara berlebihan dan tersamar, contoh: accounting, accounting, accounting dalam teks berwarna putih pada resume.

Kesimpulannya, tidak perlu berlebihan dalam membuat sebuah resume, namun optimasi masih tetap diperlukan agar karakter, keahlian dan pengalaman kerjamu terbaca dengan jelas, baik oleh ATS maupun staff HRD. Jika kamu sudah mengirimkan puluhan bahkan ratusan resume, bisa jadi memang ada kesalahan dalam membuat resume itu.

Beberapa layanan "job matching" bahkan kini sudah tidak perlu mendengar / membaca resume dari pencari kerja, namun mereka menggunakan banyak permainan untuk mengetes keahlianmu dan bahkan dapat menganalisa bagaimana performamu saat bekerja nantinya.

Bagikan
Sebarkan
Infokan

Psikotes Online Gratis!

Tes MBTI Tes DISC Tes PAPI

© 2022 Karir Fair | Tentang | Ketentuan