Karir Fair
Pasang Lowongan

Buat CV ATS Friendly

Gratis buat CV ATS Friendly online tanpa login. Sudah pernah buat CV disini dan simpan file .json? Edit resume

Hitam Biru Merah Ungu

Laki-laki
Perempuan

Belum Menikah
Menikah
Pernah Menikah



Sangkalan: Karir Fair tidak menyimpan data yang kamu kirim dan tidak dapat menjamin jika CV yang dibuat pasti akan lolos ATS Checker yang digunakan oleh perusahaan. Data dapat kamu simpan dalam format .json dan hanya bisa kamu gunakan pada CV Maker di Karir Fair.

Edit Resume

Resume / CV yang telah kamu simpan dalam format .json dapat kamu edit kembali melalui klik "Edit Data (JSON)" dibawah ini, lalu upload file .json yang kamu simpan. Klik "Saya bukan robot" terlebih dahulu untuk verifikasi bahwa kamu bukan bot!

Edit Data (JSON)

Petunjuk Penggunaan

Layanan buat CV online gratis dari Karir Fair tidak menyimpan data apapun di server. Semua data yang kamu kirimkan dapat disimpan dalam bentuk file dengan ekstensi .json yang dapat kamu unduh dan simpan di perangkat peyimpanan baik offline (flash disk, HDD) maupun online (Cloud Storage).

File .json yang kamu simpan dapat kamu edit dengan cara klik pada tombol Edit Data (JSON), lalu unggah file .json untuk mengedit CV. Setelah kamu melakukan perubahan pada CV, kamu dapat pilih Simpan Data (JSON), gunakan nama file lain jika kamu masih tetap ingin menyimpan data CV yang lama.

Tentang CV ATS Friendly

CV Ramah ATS (Sistem Pelacakan Pelamar) adalah resume riwayat hidup yang dibuat agar dapat melewati perangkat lunak ATS sehingga dapat dibaca oleh para pemberi kerja. Perangkat lunak ATS umumnya digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan memfilter sejumlah besar aplikasi lowongan kerja yang mereka terima.

Untuk membuat CV ramah ATS, penting untuk memahami cara kerja sistem ini. Perangkat lunak ATS memindai resume untuk kata kunci, frasa, dan elemen pemformatan tertentu untuk menentukan apakah pelamar memiliki kecocokan untuk posisi tertentu. Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan CV Anda untuk dapat lolos ATS:

  1. Gunakan tata letak yang sederhana dan bersih: Perangkat lunak ATS lebih menyukai format langsung dengan font standar, judul yang jelas, dan pemformatan yang konsisten. Hindari penggunaan tabel, kotak teks, gambar, atau grafik yang dapat membingungkan sistem.
  2. Pilih format file yang sesuai: Simpan CV Anda sebagai dokumen Word (.doc atau .docx) atau dokumen teks biasa (.txt). Format ini mudah dibaca oleh perangkat lunak ATS. Hindari penggunaan PDF atau jenis file lain yang mungkin tidak kompatibel dengan semua sistem.
  3. Sertakan kata kunci yang relevan: Tinjau deskripsi pekerjaan dengan hati-hati dan identifikasi kata kunci dan keterampilan yang relevan. Masukkan kata kunci ini secara alami di seluruh CV Anda, terutama di bagian keahlian, pengalaman, dan kualifikasi. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan kata kunci secara berlebihan karena dapat ditandai sebagai keyword stuffing oleh ATS.
  4. Gunakan judul yang standar: Gunakan judul yang umum digunakan seperti "Pengalaman Kerja", "Pendidikan", "Keterampilan", dan "Sertifikasi". Ini membantu perangkat lunak ATS mengidentifikasi dan mengkategorikan informasi dengan benar.
  5. Gunakan nama file yang sederhana: Saat menyimpan CV Anda, gunakan nama file yang sederhana dan deskriptif, seperti "Resume_Budi_Chandra_Purchasing.docx". Hindari nama generik seperti "Resume.doc" yang mungkin dapat hilang ditumpuk oleh file dengan nama yang sama.
  6. Hindari header dan footer: Perangkat lunak ATS mungkin mengalami kesulitan membaca informasi yang ditempatkan di bagian header atau footer. Dianjurkan untuk memasukkan semua detail yang relevan di dalam bagian utama dokumen.
  7. Jangan mengandalkan singkatan dan akronim: Meskipun Anda mungkin akrab dengan akronim khusus industri tertentu, perangkat lunak ATS mungkin tidak mengenalinya. Uraikan istilah dan frasa penting untuk memastikannya dapat dikenali oleh sistem.
  8. Koreksi dan edit: Seperti resume lainnya, sangat penting untuk mengoreksi dan mengedit CV Anda secara menyeluruh. Periksa kesalahan ejaan, kesalahan tata bahasa, dan ketidakkonsistenan dalam pemformatan. Pastikan konten Anda jelas, ringkas, dan relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.
  9. Sesuaikan untuk setiap lamaran: Sesuaikan CV Anda agar sesuai dengan persyaratan pekerjaan untuk setiap lamaran. Ini termasuk menyesuaikan kata kunci, keterampilan, dan pengalaman agar selaras dengan deskripsi pekerjaan. Hindari menggunakan satu CV untuk semua lowongan kerja.

Ingat, CV ramah-ATS hanyalah langkah pertama dalam proses lamaran. Setelah CV Anda berhasil melewati sistem perangkat lunak ATS, CV tersebut masih perlu mengesankan para perekrut manusia. Jadi, seimbangkan antara mengoptimalkan ATS dan membuat resume yang menarik dan ditulis dengan baik yang menunjukkan kualifikasi dan pencapaian Anda.

Berlangganan Email

Mau diberitahu informasi jadwal job fair terbaru di kotamu melalui email? Gratis!

HRD? Dapatkan proposal job fair

© 2024 Karir Fair | Tentang | Ketentuan