Beranda
Upah Minimum
Pilihan Karir
ATS Checker Sertifikasi Profesi Kerja di Luar Negeri Kerja Online Penipuan Lowongan

Karir Fair

Penipuan Lowongan Kerja

Orang yang memiliki IQ tinggi sekalipun masih bisa tertipu, hanya karena kurang teliti. Semua penipu memanfaatkan kelemahan manusia ini dalam melancarkan aksinya sama halnya dengan memancing seekor ikan menggunakan umpan. Untuk mengetahui apakah sebuah tawaran lowongan kerja itu penipuan atau bukan, kamu harus memiliki pengetahuan akan ciri-ciri dan modus umpan yang diberikan.

Gunakan form berikut ini untuk memeriksa apakah ada indikasi penipuan lowongan kerja atau tidak pada info lowongan atau info panggilan interview yang kamu terima.

Nama Perusahaan

Penipu bisa saja menggunakan nama perusahaan fiktif ataupun mencatut nama perusahaan yang dikenal oleh masyarakat luas. Bukan berarti karena kamu belum pernah mendengar nama perusahaannya maka serta merta itu adalah perusahan fiktif. Namun memang biasanya penipu menggunakan nama dengan kata generik seperti PT Abdi Karya Usaha Raya (AKUR) (Penipuan lowongan di Hu'u, Dompu pada bulan Mei 2021. Sumber: SuaraNTB.com). Kamu bisa melakukan pengecekan nama PT yang terdaftar dan memastikan alamat resmi yang terdaftar melalui form berikut:

Legalitas Perusahaan

Penipu bisa saja memberikan info legalitas perusahaan seperti NPWP perusahaan, SIUP, TDP, yang mana kamu tidak bisa cek kebenarannya. Bahkan penipu ini sengaja menyebarkan dokumen-dokumen perusahaan seakan-akan sebagai bukti jika perusahaan mereka memiliki proyek dengan perusahaan lain berkaitan dengan lowongan kerja yang ditawarkan. Biasanya mereka memposting file fiktif tersebut di situs berbagi dokumen PDF seperti scribd.com sebagai contoh surat. Perusahaan manapun tidak akan mengijinkan dokumen internal perusahaannya diupload dan dapat diakses oleh publik.

Kontak Perusahaan

Penipu bisa saja menggunakan nama website atau email yang cukup meyakinkan, hanya saja biasanya typo dari alamat website atau email perusahaan yang asli, atau menggunakan layanan email gratis, seperti [email protected], sedangkan email asli rekrutmen PT Pertamina (Persero) adalah menggunakan domain @pertamina.com (Sumber: PT Pertamina (Persero)).

Kamu dapat melakukan pengecekan apakah email yang dipakai menggunakan email gratisan atau tidak melalui form dibawah ini (database 200+ email gratisan).

Kamu dapat pula melakukan pengecekan nomor HP apakah pernah dilaporkan penipuan atau tidak melalui form dibawah ini. Tapi ingat untuk tetap waspada karena penipu pastinya sering berganti-ganti nomor HP.

Biaya Rekrutmen

Kalau satu hal ini sudahlah jelas, karena kamu bekerja dengan tujuan untuk dibayar, bukan malah memberi uang ke perusahaan tersebut karena perusahaan manapun pasti memiliki budget untuk rekrutmen. Penipu biasanya akan meminta biaya administrasi, biaya travel, biaya akomodasi, biaya uang jaminan, biaya tes, biaya wawancara, biaya surat lulus wawancara, biaya fasilitas pelatihan dan biaya apapun juga.

Kamu juga dapat memeriksa apakah nomor rekening yang diberikan pernah dilaporkan penipuan atau tidak melalui cekrekening.id, situs resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang difungsikan sebagai portal untuk melakukan pengumpulan database rekening bank diduga terindikasi tindak pidana.

Data Pribadi

Ketika kamu diminta data pribadi yang tidak relevan seperti nomor rekening bank, Kartu Keluarga, apalagi password, maka sudah selayaknya kamu tidak melanjutkan proses rekrutmen dari perusahaan itu lagi. Terkadang Kartu Keluarga diminta sebagai bukti status pernikahan, padahal di KTP sudah ada tercantum.

Bagikan
Sebarkan
Infokan

Psikotes Online Gratis!

Tes MBTI Tes DISC Tes PAPI

© 2022 Karir Fair | Tentang | Ketentuan